Selasa, 21 Maret 2017

Membuat Minyak Wangi dari Zaitun


Rasullullah SAW itu wangi dan menyukai wewangian, Rasulullah SAW juga memerintahkan kita untuk berminyak dengan Zaitun karena Minyak Zaitun berasal dari Pohon yang diberkahi. Tahukah anda bahwa pada jaman Rasulullah SAW minyak wangi sebagian besar terbuat dari minyak Zaitun yang sekarang bahkan kita sebagai umat Islam banyak yang tidak tahu cara membuatnya padahal wangi dan berminyak dengan Zaitun adalah sunah yang diperintahkan oleh Rasulullah SAW.

Pada kesempatan ini penulis ingin berbagi cara membuat minyak wangi dari minyak Zaitun yang sangat mudah sehingga setiap orang bisa membuatnya sendiri. Dengan demikian kita bisa mengamalkan dua sunah sekaligus yaitu berminyak dengan Zaitun dan Berwangi-wangian. 

Adapun cara membuatnya adalah sebagai berikut :

  1. Siapkan minyak zaitun secukupnya;
  2. Siapkan bahan yang akan diambil wanginya (contoh : bunga mawar);
  3.  Campurkan minyak zaitun dan bunga mawar, simpan didalam wadah tertutup kemudian diamkan selama 24 jam;
  4. Pisahkan minyak dari mawar, maka minyak zaitun tersebut sekarang sudah beraroma mawar yang bisa kita pakai sebagai minyak wangi;
  5. Kalo ingin aroma mawar lebih kuat maka minyak zaitun yang sudah beraroma mawar tersebut campurkan kembali dengan bunga mawar yang baru dan diamkan kembali dalam wadah tertutup selama 24 jam berikutnya setelah itu pisahkan kembali antara minyak dan bunga mawar, minyak zaitun beraroma mawar siap digunakan sebagai minyak wangi.

Bahan yang bisa diambil wanginya dengan minyak zaitun bisa bermacam-macam mulai dari berbagai jenis bunga (mawar, melati, kenanga, lavender dll), kulit buah (kulit jeruk, kulit lemon, dll), rempah-rempah (cengkeh, kayu manis, dll), daun (papermint, Basil, serai, dll) serta berbagai jenis bahan-bahan alami yang beraroma lainnya bisa diambil wanginya dengan minyak zaitun.

Anda juga bisa mencampurkan berbagai jenis aroma di atas sehingga tercipta aroma baru sesuai dengan keinginan anda. Misalnya minyak cengkeh bisa dicampur dengan minyak mawar sehingga selain aroma cengkeh mengusir nyamuk namun juga beraroma mawar sehingga enak dan wangi digunakan. Minyak cengkeh dan mawar tersebut juga bisa dicampur lagi dengan minyak lemon sehingga beraroma lebih segar.

Semoga Artikel ini bermanfaat,
Salam dari Kami

Ahmad Ridha 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar